Komponen Sistem Informasi



Komponen Sistem informasi
            Komponen-komponen dari Sistem Informasi tidak boleh kurang, karena jika komponennya kurang, maka sistem informasi tersebut tidak akan mencapai tujuannya. Komponen-komponen dari sistem informasi juga tidak boleh berlebihan, karena tidak akan terpakai dan memboroskan.
Dengan demikian Sistem Informasi mempunyai enam buah komponen yaitu:
1.    Komponen Input (komponen masukan).
2.    Komponen Model.
3.    Komponen Output (komponen keluaran).
4.    Komponen Teknologi.
5.    Komponen Basis data.
6.    Komponen Control (komponen pengendalian).


 

 

Gambar. Komponen dari Sistem Informasi

Sumber :  Analisa dan Disain Sistem Informasi, Jogiyanto HM, MBA, Akt., Ph.D. (2003:43).

1.    Komponen Input
Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi. Komponen ini perlu ada karena merupakan bahan dasar dalam pengolahan informasi. Sistem Informasi tidak akan dapat menghasilkan informasi jika tidak mempunyai komponen input.

2.    Komponen Output
Produk dari sistem informasi adalah output berupa informasi yang berguna bagi para pemakainya. Output merupakan komponen yang harus ada di sistem informasi. Output dari sistem informasi dibuat dengan menggunakan data yang ada di basis data dan diproses menggunakan model tertentu.
3.    Komponen Basis Data
Basis Data (Database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
4.    Komponen Model
Informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi berasal dari data yang diambil dari basis data yang diolah lewat suatu model-model tertentu. Model-model yang digunakan di sistem informasi dapat berupa model logika yang menunjukkan suatu proses perbandiangan logika atau model matematik yang menunjukkan proses perhitungan matematika.
5.    Komponen Teknologi
Teknologi merupakan komponen penting dalam sistem informasi. Tanpa ada teknologi yang mendukung, maka sistem informasi tidak akan dapat menghasilkan informasi yang tepat waktunya. Komponen teknologi mempercepat sistem informasi dalam pengolahan datanya.
6.    Komponen Kontrol
Komponen kontrol juga merupakan komponen yang penting dan harus ada disistem informasi. Komponen control ini digunakan untuk menjamin bahwa sistem informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi merupakan sistem informasi yang akurat.
Share on Google Plus

About Zafitran

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment