Data Flow Diagaram (DFD)



DFD adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut (Andri Kristanto,2007). DFD Menunjukkan hubungan antara data pada sistem dan proses pada sistem.
Ada 4 komponen dalam  Data Flow Diagram (DFD) yaitu  sebagai berikut :
11.  Proses
Proses menunjukkan transformasi dari masukan menjadi keluaran, dalam hal ini sejumlah masukan dapat menjadi hanya satu keluaran.
22.  Aliran
Komponen ini dipresentasikan dengan menggunakan panah yang menuju ke/dari proses. Digunakan untuk menggambarkan gerakan paket data atau informasi dari satu bagian ke bagian lain dari sistem dimana penyimpanan mewakili lokasi penyimpanan data.
33.  Penyimpanan
Komponen ini digunakan untuk memodelkan kumpulan data atau paket data.
44. Terminator
Komponen ini dipresentasikan menggunakan persegi panjang, yang mewakili Entity luar dimana sistem berkomunikasi.

Tabel Simbol DFD

Dalam DFD ini nantinya akan diperlihatkan aliran sistem mulai dari input, proses hingga laporan yang dihasilkan, dan bisa digunakan untuk menggambarkan sistem informasi yang logikal, yang akan menggambarkan bagaimana hubungan suatu sistem informasi dengan file-file yang akan diakses oleh komputer.

Share on Google Plus

About Zafitran

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment