Analisis Sistem





1.          Pengertian Analisis Sistem
Menurut Jogiyanto (2005:129), “Analisis Sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Menurut Hanif (2007:44). “Analisis Sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka.”
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Analisis Sistem merupakan proses pemahaman dan penentuan rincian yang harus diselesaikan oleh Sistem Informasi.
Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem (systems planning) dan sebelum tahap desain sistem (system design). Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan ditahap selanjutnya.
2.         Langkah-langkah Analisis Sistem
Didalam analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, antara lain :
1.        Mengidentifikasi Masalah (identify)
Mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah dapat didefenisikan sebagai suatu pernyataan yang diinginkan untuk dipecahkan.
2.        Memahami kerja dari suatu sistem yang ada (understand)
Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Untuk mempelajari dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian.
3.        Menganalisis sistem (analyze)
Langkah ini untuk menganalisis masalah yang terjadi untuk menemukan penyebab dari masalah yang timbul berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
4.        Membuat laporan hasil analisis (report)
Setelah proses analisis selesai dilakukan, selanjutnya analis sistem membuat laporan hasil analisis.
Share on Google Plus

About Zafitran

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment