Hierarchy Plus Input Process Output (HIPO)




HIPO merupakan akronim dari Hierarchy plus Input Process Output. HIPO ini merupakan paket yang berisikan suatu set diagram yang secara grafis menjelaskan fungsi suatu sistem dari tingkat umum ketingkat khusus. Mula-mula tiap fungsi utama diidentifikasi dan kemudian dibagi lagi ke dalam tingkatan fungsi yang lebih. HIPO dikembangkan oleh IBM.
Seperti halnya beberapa peralatan terstruktur lainnya tentang perkembangan sistem informasi, HIPO benar-benar merupakan alat dokumentasi program. Dalam pemrograman, flowchart dipakai untuk menjelaskan logika   program. Hal yang dilakukan modul program tidak dijelaskan dalam flowchat. Seperti pada salah satu terbitan IBM(IBM75), beberapa personel IBM percaya bahwa dokumentasi sistem pemrograman yang didasarkan atas fungsi dapat meningkatkan efisiensi usaha perawatan program.  Hal ini dilakukan dengan cara mempercepat lokasi dalam kode pada fungsi yang akan dimodifikasi. Jadi HIPO dikembangkan sebagai teknik untuk mendokumentasikan fungsi program, Pada masa sekarang HIPO dipakai sebagai alat bantu dan teknik dokumentasi pada tahap-tahap perkembangan sistem informasi.
Sebagai teknik dokumentasi dan perkembangan sistem, tujuan utama HIPO dapat diringkas sebagai berikut:
1.   untuk memberikan struktur yang memungkinkan fungsi sistem di mengerti.
2. untuk menguraikan fungsi- fungsi yang akan dikerjakan oleh suatu program, bukan mengkhususkan pernyataan program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi.
3.   untuk memberikan diskripsi visual dari input yang akan dipakai sena output yang akan dihasilkan oleh masing-masing fungsi pada tiap-tiap tingkat diagram.
HIPO menggunakan satu macam diagram untuk masing-masing tingkatannya, yaitu sebagai berikut :
a. Visual table of contents
Diagram ini menggambarkan hubungan dari modul-modul dalam suatu sistem secara berjenjang.



Share on Google Plus

About Zafitran

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment